Sebelum menjadikan Ecofeminism sebagai pisau bedah terhadap objek analisis, lebih baik jika Anda memahami Ecofeminism secara singkat disini.

Dalam contoh analisis Ecofeminism ini, objek material yang digunakan yaitu sebuah iklan pengharum ruangan Stella. Anda dapat menontonnya dalam video berikut sebelum membaca lebih jauh:

Isu keterkaitan antara perempuan dengan alam dapat dijumpai dalam kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya dalam iklan komersial. Iklan merupakan sebuah sarana komunikasi dari produsen kepada konsumen sebagai sebuah strategi pemasaran. Bentuk iklan ialah bermacam-macam. Mulai dari iklan yang ditayangkan di TV, media cetak, hingga radio. Setiap iklan akan memiliki konten yang persuasif. Dapat dikatakan bahwa iklan merupakan media komunikasi dari produsen kepada konsumen yang bertujuan untuk mengkomunikasikan produk maupun jasa. Namun, pada sebuah iklan secara sadar maupun tidak disadari dapat mengandung sebuah pesan yang tersembunyi. Fenomena tersebut terjadi pada iklan Stella produk pengharum ruagan.

Stella merupakan peroduk pengharum yang saat ini variannya semakin berkembang. Produk ini dapat digunakan sebagai pengharum di berbagai tempat, mulai sebagai pengharum ruangan hingga pengharum dalam mobil. Stella juga termasuk sebagai produk pengharum yang laris dipasaran. Ia memiliki banyak varian harum yang disukai konsumen, misalnya apel, jeruk, dan lavender. Macam ragam varian Stella oleh produsen dikomunikasikan kepada masyarakat melalui iklan. Dalam iklan Stella tersebut, pemeran utama yang menggunakan produk tersebut ialah wanita. Hal tersebut menarik perhatian peneliti. Oleh karena itu, makalah ini akan mengambil salah satu iklan Stella, yaitu Stella pengharum mobil untuk melihat bagaimana hubungan perempuan dan alam dalam iklan Stella pengharum mobil dan menjawab mengapa perempuan selalu dipilih sebagai pemeran utama yang memasang Stella mobil.

Metode Penelitian
  1. Sumber dan Jenis Data
    • Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal iklan Stella, yaitu Stella pengharum mobil.
    • Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yang digunakan adalah iklan Stella pengharum mobil.
  2.  Pengumpulan dan Pengolahan Data
    • Pengumpulan Data (Studi Pustaka)
      • Pendekatan semiotika
      • Teori Ecofeminism
        1. Deskripsi
        2. Intepretasi
        3. Penjelasan
    • Pengelolaan Data
      • Mengamati bagaiman pemeran utama memerankan perannya dalam iklan.
      • Analisa Data

Peneliti mengaplikasiakan analisa semiotika miliki Roland Barthes untuk mengetahui makna konotasi, denotas, dan juga mitos yang ada dalam iklan Stella. Roland Barthes dalam bukunya yang berjudul Mythology membahas mengenai mitos. Mitos mengacu pada kebiasaan yang dilakukan secara turun menurun dan terlihat memiliki kebenaran secara universal. Barthes menggunakan konsep mitos untuk menyampaikan apa yang menandakan dirinya sebagai wajar atau lumrah sesungguhnya memiliki ideologi tersembunyi didalamnya (Allen 34). Dalam menganalisa menggunakan pendekatan semiotik, untuk mengetahui mitos dibalik sebuah iklan diperlukan adanya analisa terhadap penanda dan petanda. Semiologi sendiri memiliki arti sebagai tanda. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa semiologi merupakan studi tentang simbol-simbol yang diintepretasikan (Lull 232). Semiotik berusaha untuk mengetahui makna yang terkandung dalam sebuah tanda yang tersembunyi di dalam sebuah teks. Untuk memahami mitos dalam sebuah teks maka diperlukan pehaman terhadap makna konotatif dan makna denotatif.

Analisis
Analisa Iklan Stella menggunakan pendekatan Semiotika

Sub bab ini akan menganalisa makna denotasi dan konotasi pada iklan Stella pengharum ruangan untuk mengetahui mitos yang tersembunyi didalamnya.

 stella
Makna Denotasi

Dalam scene tersebut terlihat seorang pasangan yang sedang mengendarai mobil. Mobil mereka berhenti lantaran mengalami kemacetan yang cukup panjang. Dalam scene tersebut sang laki-laki menunjukkan rasa lelah dan jenuhnya. Namun tidak pada sang perempuan. Ia tetap menikmati situasi kemacetan yang sedang terjadi.

Makna Konotasi

Menceritakan tentang seorang pasangan yang sedang terjebak dalam kemacetan. Nampak sang laki-laki mengalami kejenuhan akibat mobil yang dikendarainya harus berhenti. Namun sang perempuan tidak nampak murung atau jenuh. Ia tersenyum menunjukkan bahwa hal tersebut tidaklah buruk. Hal tersebut dapat diatasi. Bahwa si perempuan memiliki solusi akan permasalahan yang sedang di alami oleh sang pria.

 stella2
Makna Denotasi

Scene tersebut menjelaskan saat sang perempuan memasang pengharum ruangan berbentuk pinguin dengan tujuan memberikan keharuman di dalam mobil.

Makna Konotasi

Menceritakan saat sang wanita memasang Stella pengharum mobil untuk mengurangi rasa jenuh yang di alami oleh sang pria. Ekspresi sang wanita yang sedang tersenyum menunjukkan bahwa ia mampu menghadapi situasi yang sulit bagi suaminya.

 stella3
Makna Denotasi

Scene tersebut menampilkan seluruh penumpang dalam mobil, yaitu ayah, ibu, dan dua anak. Mereka nampak santai duduk ditengah alam terbuka yang sejuk.

Makna Konotasi

Scene tersebut menjelaskan bahwa sang wanita merupakan ibu daripada keluarga yang sedang duduk di dalam mobil. Scene tersebut juga menggambarkan bahwa sang wanita telah berhasil mengatasi kejenuhan dan memberikan kenyamanan terhadap seluruh anggota keluarganya

Berdasarkan analisa makna denotasi dan konotasi diatas dapat dilihat bahwa perempuan memiliki kemampuan dalam memberikan kenyamanan kepada suami dan juga keluarganya. Iklan tersebut juga menggambarkan bahwa seorang ibu seharusnya tetap tenang di saat situasi sedang rumit. Penggambaran sosok ibu pada iklan diatas menjelaskan peran-peran wanita dalam masyarakat yang menganut sistem patriarki. Seorang wanita harus mampu memberikan pelayanan dan kenyamanan terhadap keluarganya. Hal tersebut menunjukkan adanya konstruksi terhadap perempuan. Dimana dalam konteks gender, perempuan di tempatkan sebagai inferior dibandingkan dengan laki-laki. Laki-laki dalam iklan tersebut menggambarkan bahwa ia layak untuk diberi ketenangan. Dengan kata lain, perempuan yaitu sang ibu memiliki posisi dibawah sang ayah.

Hubungan antara Perempuan dan Alam dalam iklan Stella Pengharum Mobil

Dalam sub bab ini hal yang akan dilihat dalam iklan Stella pengharum mobil adalah hubungan antara perempuan dengan alam. Pada iklan tersebut dapat dilihat bahwa perempuan mampu menghadirkan suasana nyaman seakan-akan sedang di tengah alam yang indah. Perempuan pada iklan tersebut juga bertindak secara lembut dalam menghadirkan kenyamanan kepada keluarganya. Hal tersebut dapat dipahami bahwa iklan tersebut sedang menyampaikan bahwa perempuan memilki hubungan istimewa dengan alam. Perempuan digambarkan dapat menghadirkan ketenangan seperti alam.

Hubungan istimewa antara perempuan dengan alam juga terlihat pada adegan saat sang pria merasakan jenuh. Dalam scene tersebut, laki-laki digambarkan memiliki posisi yang lebih tinggi dibanding perempuan. Ia mengharapkan perempuan dapat memberinya ketenangan. Scene tersebut menjelaskan bahwa laki-laki tidak memiliki hubungan khusus dengan alam. Laki-laki tersebut digambarkan sedang mengemudikan kendaraan, dimana dapat diartikan sedang mengendalikan laju kemana keluarga tersebut akan pergi. Situasi tersebut menjelaskan bahwa laki-laki memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang hanya duduk disampingnya. Perempuan yang oleh sosial diposisikan dalam private sphere hanya mampu memberikan kenyamanan berupa keharuman kepada laki-laki dan keluarganya. Hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan memiliki relasi dengan alam.

Kesimpulan

Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa peran perempuan dalam private sphere sebagai ibu yang menyediakan makanan, dan kenyamanan menjadikan mereka diidentikkan dekat dengan alam. Kepedulian mereka dalam memenuhi kebutuhan keluarganya menjadikan wanita lebih mawas terhadap masalah terkait dengan alam. Oleh karena itu, wanita lebih peduli dengan alam, mengingat masyarakat dan lingkungan telah mengkonstruksi mereka untuk menyediakan makanan dan kenyamanan dimana sumber-sumber makanan berasal dari alam.

Referensi

Agrawal, Anuja. The Construction of Men and Women. Thesis. New Delhi: University of Delhi, 2013.

Allen, Graham. Roland Barthes. London: Routledge, 2003.

Buckingham, Susan. Gender and Environment. New York: Routledge, 2005.

Departemen Pendidikan, Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Lull, James. Media, Komunikasi, Kebudayaan: Suatu Pendekatan Global. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1997.

Plumwood, Val. Feminism and the Mastery of Nature. Canada: Routledge, 2003.

Warren, Karen J. Ecofeminist Philosophy: A Western Perspective on What It Is and Why It Matters. Maryland: Rowman & Littlefield Publisher, 2000.

Share This